Kamis, 07 Maret 2013

Analisa Kebutuhan Jaringan Komputer


Saat ini komputer merupakan salah satu kebutuhan mendasar dalam kehidupan masyarakat. Komputer merupakan salah satu alat bantu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Di dalam masyarakat pula, komputer sering digunakan untuk saling berbagi suatu informasi, proses ini bisa terjadi dikarenakan suatu komputer dapat terhubung dengan komputer lainnya agar bisa berkomunikasi ataupun saling berbagi untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan. Hal tersebut dikatakan Jaringan Komputer.

Pengimplementasian Jaringan komputer ini sudah banyak diterapkan di berbagai aspek. Diantaranya yaitu  di perkantoran, di lab sekolah, di Warnet dan sebagainya. Dan disini saya akan mencoba menjelaskan kebutuhan jaringan komputer baik dari segi hardware,software dan topologi yang digunakan dalam membentuk suatu jaringan komputer. Adapun disini saya menganalisis kebutuhan jaringan ini di salah satu warnet.

Berikut ini adalah hasil analisa saya :

ANALISA HARDWARE JARINGAN KOMPUTER
  1. Komputer yang digunakan dimana warnet yang saya analisa itu jumlahnya 9 unit komputer untuk client dan ditambah 1 unit komputer yang bertindak sebagai server.
    Spesifikasi komputer disesuaikan dengan kebutuhan warnet agar dapat berjalan dengan semestinya adapun sepesifikasi minimum komputer di suatu warnet yaitu:
    • RAM minimal 2 GB baik DDR 2 maupun DDR 3
    • VGA 1 GB
    • Prosesor yang memiliki kecepatan baca 2,5 ghz ke atas biasanya di warnet menggunakan jenis prosesor AMD dengan type Athlon baik X2 ataupun X3.
    • Hardisk 320 GB
    • Monitor yan dipakai biasanya memiliki resolusi 1024 x 76 ke atas ini diperuntukan agar bisa digunakan dalam game online.

  2. Router yang disini berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Disini router nya menggunakan RJ 45 sebagai port internetnya.

  3. SWITCH/ HUB digunakan untuk menghubungkan tiap computer dalam sebuah jaringan local biasanya yang digunakan adalah SWITCH yang memiliki 16 port.

  4. Kabel UTP cat 5.

  5. Konektor RJ45 untuk menghubungkan cable UTP dengan NIC.

  6. Modem, perangkat optional ini digunakan jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet, modem dikoneksikan dengan jaringan lain tergantung dari layanannya.

ANALISA SOFTWARE JARINGAN KOMPUTER 
Dalam membangun suatu jaringan komputer, tak hanya penggunaan hardware namun disini diharusakan adanya software dan konfigurasi2 pada komputer server dan client agar sebuah jaringan komputer dapat bekerja secara optimal. Adapun hasil analisa saya tentang sotware di dalam jaringan komputer yaitu:
  1. SO (system Operasi) system operasi yang biasa digunakan adalah windows XP. ini dikarenakan system operasi ini sudah cukup kompatibel dengan banyak aplikasi dan game online.
  2. Web Browser, digunakan untuk menghubungkan kita ke jaringan luar.
  3. Billing client, yang digunakan untuk mengelola komputer client.
  4. Aplikasi Game Online.


 ANALISA TOPOLOGI JARINGAN KOMPUTER
 Dalam membangun suatu jaringan komputer di warnet ini biasanya topologi yang digunakan ialah topoogi STAR dimana tiap PC dihubungkan dengan Switch-Hub. Topologi ini memiliki kelebihan yaitu:
  • Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut. 
  • Tingkat keamanan termasuk tinggi. 
  • Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk. 
  • Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
ANALISA  TATA LETAK
Berdasarkan Analiasa Topologi Diatas maka kita dapat membuat sketsa tata letak yang menggambarkan warnet tempat saya menganalisa. Adapun gambarnya bisa di sketsakan:

KESIMPULAN
Berdasarkan dari analisis di atas maka saya dapat menyimpulkan dalam pembentukan suatu jaringan komputer terdapat hardware dan software yang mendukung terhubungnya suatu komputer dengan komputer lain adapun hardware yang diperlukan yaitu Router, Switch/Hub, Modem, Konektor RJ 45, Kabel UTP dan komputer yang akan dihubungkan tentunya, dan untuk software yang diperlukan terdiri dari OS, web brwoser dan billing client. Dan disini kita dapat menyimpulkan topologi yang cocok diimplementasikan di suatu warnet adalah topologi star.

1 komentar: