Selasa, 22 November 2011

Cara Menghapus Virus Sality atau W32/sality.AE

Virus Sality atau W32/sality.AE adalah virus yang banyak tersebar melalui jaringan yang memanfaatkan default share windows atau share folder dengan akses full. Virus Sality akan banyak menyerang dan menginjeksi file berekstensi *.exe, menonaktifkan task manager, menonaktifkan regedit serta membuat windows anda tidak bisa dijalankan secara save mode. Dan parahnya, Sality ini mampu merusak beberapa file berekstensi *.exe hingga tidak bisa digunakan lagi. ini yang terjadi pada komputer saya, sangat menjengkelkan sekali tapi setelah saya mencari di mbah Google saya mendapatkan cara untuk membasmi virus tersebut dan cara itu berhasil, komputer saya pun sekarang sudah bebas dari yang namanya Sality.
Bagaimana untuk membasmi virus W32Sality.AE atau yang lebih sering dikenal dengan nama virus sality ini secara manual dari komputer anda? berikut ini saya berikan tips dan cara membasmi virus tersebut.

  1. Hal pertama yang mesti dilakukan putuskan komputer anda terlebih dahulu dari jaringan manapun, baik itu LAN maupun internet.   
  2. Nonaktifkan fitur system restore anda selama proses pembersihan virus sality ini.
  3. Download Sality Repair.
  4. setelah di download, Extract file tersebut kemudian klik kanan file repair.inf dan klik Install
  5. Matikan terlebih dulu semua aplikasi yang aktif atau yang sedang anda buka
  6. Download Norman Malware Cleaner
  7. Ubah ekstensi Norman Malware Cleaner dari .exe menjadi .cmd agar aplikasi tersebut tidak diinfeksi oleh virus sality.
  8. Lakukan scanning menggunakan Norman Malware Cleaner.cmd 
  9. setelah proses cleaning selesai, restart komputer anda.
  10. Download FixReg 
  11. setelah di download extrack file tersebut 
  12. jalankan registri yang ada di folder FixReg  sesuai dengan windows yang anda gunakan
  13. Restart kembali komputer anda.
  14. Periksa task manager, regedit dsb untuk memastikan komputer anda sudah sembuh. Anda juga bisa melakukan scanning pada safe mode untuk memastikan komputer anda sudah benar – benar bersih dari virus sality.
Mungkin ada antivirus yang sudah bisa mendeteksi dan membasmi virus sality ini. namun Jika antivirus anda ternyata tidak mampu membasminya, maka tips membasmi virus sality secara manual diatas bisa menjadi solusi ampuh terbebas dari serangan W32Sality.AE

semoga artikel ini bisa bermanfaat

referensi sumber http://www.pusatgratis.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar