Jumat, 18 November 2011

Perkembangan Perangkat Lunak Sistem Operasi

Paket operasi ataupun program yang di buat dengan High level languange, seperti misalnya BASIC, FOTRAN, COBOL, Bahasa C dan lain sebagainya. tidak akan dijalankan kalau tidak adanya OS atau Operating System yang mendukungnya. Sistem operasi ini  di ibaratkan dengan otak yang mengatur semua sistem tubuh anggota manusia. Begitu pentingnya sistem operasi ini, yang kadang kadang menjadikan seseorang untuk menentukan suatu komputer. dan berikut perkembangan Operating sytem tsb:

1954. Sistem Operasi Yang Pertama Kali
         Sitem operasi pertama kali di kembangkan pada sekitar tahun 1954 di General Motor Research Laboratories untuk di gunakan pada komputer IBM 701. kemudian pada tahun 1955, programer di General Motor Research bekerja sama dengan North American Aviation menulis OS untuk komputer 704. tapi OS tersebut terbatas penggunaanya, yaitu hanya dapat digunakan untuk apolikasi pengolahan data secara sequental (urut) saja. dan biasanya dirancang untuk satu komputer saja. 

1960. Sitem Operasi untuk komputer mini yang pertama
         OS untuk komputer mini pertama kali dikembangkan pada tahun 1960. sebelum tahun ini Os hanya digunakan komputer komputer besar (mainframe). pada tahun 1964, IBM memperkenalkan OS yang di sebut OS/360 untuk digunakan pada semua seri komputer System 360.

1969. UNIX
Gambar Ken Thompson
         Pada tahun 1969, Ken Thompson dari Bell Laboratoeis menulis suatu OS yang disebut dengan UNIX, yang diterapkan pada komputer PDP-7. UNIX dikembangkan dengan cara ditulis ulang dengan bahasa C. dan ini OS yang pertama menggunakan high level languange
           UNIX pertama kali diterapkan di mainframe computer dan mini computer, tetapi sekarang digunakan di micro computer. 








1970. CP/M.
         pada tahun 1970, kompuer mikro mulai dikembangkan dan bersamaan dengan itu perusahaan Digital Research mengembangkan OS yang diterapkan di komputer micro yang di sebut CP/M, yang singkatan dari Computer Program/Microprocessor atau ada yang menyebut Control Program/Monitor.

1980. MS-DOS
         pada tahun 1980, Microsoft Corporation di washington yang di kepalai Wiliam Bill Gates mengembangkan OS dengan nama MS-DOS untuk komputer 16-bit. MS-DOS dipergunakan di komputer mikro mengguunakan microprocessor Intel 8088 atau Intel 8086.
         OS lainya yang dikembvangkan oleh pabrik Microsoft diantaranya Xenix, yang sebenarnya adalah UNIX versi dari Microsoft. Zilog 8000, Motorola 68000, dll.

1984. Macinthos
         Pada tahun 1984 Apple meluncurkan Macintosh dengan OS yang diturunkan dari BSD UNIX. System 1.0 merupakan sistem operasi pertama yang telah berbasis grafis dan menggunakan mouse.
         Selain itu pada tahu  ini Microsoft meluncurkan MS DOS 3.0 untuk PC AT yang menggunakan chip Intel 80286 dan yang mulai mendukung penggunaan hard disk lebih dari 10 MB, dan MS ­DOS 3.1 yang memberikan dukungan untuk jaringan.


1985. MS Widows versi 1.0
         Pada tahun ini Microsoft memperkenalkan MS­Windows versi pertamanya, sistem operasi yang telah menyediakan  lingkungan berbasis grafis (GUI) dan kemampuan multitasking. Sayangnya sistem operasi ini sangat lambat.
         pada tahun ini juga Novell meluncurkan sistem operasi berbasis jaringan Netware 86 yang dibuat untuk prosesor Intel 8086.

1987. IBM OS/2 dan MINIX
         Di tahun ini  IBM memperkenalkan OS/2 yang telah berbasis grafis, sebagai calon pengganti IBM PC DOS. selain itu ada Andrew S TAnenbaum yang mengembangkan OS berbasis UNIX yang dinamai MINIX.
  pada tahun ini pun Microsoft tak ketinghalan meluncurkan MS­ DOS 3.3 yang merupakan versi paling populer dari MS DOS, dan pada saat itu Windows versi 2.0 pun diperkenalkan.

1988. Windows/386 
          Windows/386 dikenalkan pada tahun 1988. OS ini didukung processor intel 80386 yang sudah cukup cepat di komputer IBM PC/386.

1990. Windows 3.0
         Di tahun in Microsoft meluncurkan Windows versi 3.0 yang mendapat sambutan cukup baik.dan pada saat itu popularitas Windows meningakat dengan cepat.

1991. Linux
         Pada tahun ini Mahasiswa Helsinki bernama Linus Torvalds mengembangkan OS berbasis Unix dari sistem operasi Minix yang diberi nama Linux. Selain itu  Microsoft meluncurkan MS­DOS 5.0 dengan penambahan fasilitas full­-screen editor,  undelete, unformat dan Qbasic.

1993. Windows NT
         Microsoft meluncurkan Windows NT, OS pertama berbasis grafis tanpa DOS  didalamnya yang direncanakan untuk server jaringan  dam MS­DOS 6.0 Upgrade, yang mencakup program kompresi  harddisk DoubleSpace.
         Selain itu Patrick Volkerding mendistribusikan Slackware Linux yang menjadi distro populer pertama di kalangan pengguna Linux. dan juga Ian Murdock dari Free Software Foundation (FSF) membuat OS berbasis Linux dengan nama Debian.


1995. Windows 95
         Nah pada tahun ini Microsoft mengeluarkan Windows 95. OS ini memiliki kelebihan dari versi Windows versi 3.x. OS ini tidak beroprasi di bawah paltfrom DOS, jadi operasinya lebih cepat. selain itu OS ini memiliki kemampuan PnP (Plug and Play).

1997.  Windows 98 
          Windows 98 merupakan perbaikan dari Windows 95. Windows 98 diperkenalkan pada September 1997.

1998. TurboLinux
         Pada tahun ini TurboLinux diluncurkan di Jepang dan segera menjadi OS favorit di Asia, khususnya di Jepang, China dan Korea. selain itu Gael Duval dari Brazil mengembangkan distro Mandrake yang diturunkan dari Red Hat.

2000. Windows 2000 dan Mac OS/X
         Di tahun  Mac OS diganti dengan mesin berbasis BSD Unix dengan kernel yang disebut sebagai Mac OS/X.
         Dan selain itu Microsoft meluncurkan Windows 2000 sebagai penerus Windows NT serta meluncurkan Windows Me, versi terakhir dari Windows 95.

2001. Windows XP
          pada tahun inilah Windows XP di perkenalkan.

2003. Windows 2003
         Pada tahun ini Microsoft meluncurkan Windows Server 2003.

2004. UBUNTU
         Di tahun ini Versi pertama Ubuntu diluncurkan dan didistribusikan ke seluruh dunia. Ada beberapa  versi distro yang dikeluarkan, yaitu Ubuntu (berbasis Gnome), Kubuntu (berbasis KDE), Xubuntu (berbasis XFCE), dan Edubuntu (untuk pendidikan).

2007. Vista
         Setelah tertunda untuk beberapa lama, Microsoft akhirnya meluncurkan Windows Vista. Windows Vista memperkenalkan fitur 3D Desktop dengan Aero Glass, SideBar, dan Flip 3D. Sayangnya semua keindahan ini harus dibayar mahal dengan kebutuhan spesifikasi komputer yang sangat tinggi.

2009. Windows7 
          Di akhir tahun 2009 microsoft meluncurkan Windows 7. OS ini disebut lebih ramping dan lebih responsif ketimbang Windows Vista.  


2011. Windows8
         Pada Tahun 2011 ini mekipun belum resmi diumumkan, Windows8 sudah menarik perhatian banyak orang. Tak ayal, banyak juga yang menerka-nerka tentang fasilitas dan kemampuan yang bakal ada di Windows 8.  Ada yang menyebutkan Windows 8 memiliki antarmuka yang cukup cantik serta dioptimalkan untuk perangkat berlayar sentuh (touch screen), Microsoft menyebutnya sebagai gaya Metro (Metro style). selain itu Windows8 merupakan penyempurnaan dari Windows7.

semoga artikel ini bermanfaat...!!

referensi sumber  http://adjie.blog.ugm.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar