Kamis, 25 April 2013

Revisi UTS ANALISIS JARINGAN KOMPUTER

Studi Kasus: penyedia layanan internet (ISP) akan membangun suatu jaringan pada suatu perusahaan dengan menyediakan Range IP addres dari 202.91.33.1 sampai dengan 202.91.33.30 buatlah suatu analisa baik hardware ataupun software  yang bisa digunakan dalam pembangunan jaringan tersebut.!!

Hasil analisa:
Disini saya akan menggambarkan sketsa jaringan yang akan di buat untuk memudahkan dalam menganalisis hardware maupun software adapun sketsa nya yaitu:

 

Analisa hardware

 berdasarkan sketsa yang dibuat maka hardware yang dibutuhkan:

  1. Dikarenakan range IP yang di kasih adalah 202.91.33.1 sampai 202.91.33.30 maka komputer yang bisa dipakai dalam pembangunan jaringan ini maksimal berjumlah 30 , dimana dalam sketsa Komputer yang digunakan jumlahnya 29 unit komputer untuk client dan ditambah 1 unit komputer yang bertindak sebagai server.

  2. 2 buah SWITCH/ HUB 16 PORT digunakan untuk menghubungkan tiap computer dalam sebuah jaringan local.

  3. Kabel UTP cat 5 sepanjang yang dibutuhkan.

  4. Konektor RJ45 sebanyak 60 buah untuk menghubungkan cable UTP dengan NIC.

  5. Modem, perangkat optional ini digunakan jika ingin menghubungkan jaringan ke Internet, modem dikoneksikan dengan jaringan lain tergantung dari layanannya. 

 

Analisa Sotware

  1.  SO (system Operasi) system operasi apa yang bisa digunakan misalkan windows XP, atau windows 7 ataupun yang lainnya.
  2. aplikasi web browser untuk menghubungkan kita ke dunia internet
  3. antivirus, baik yang free ataupun berbayar misalnya, avira, smadav, avg, dan lain sebagainya atau juga bisa bawaan dari os misalnya dari windows yaitu firewall

 

Analisa Topologi 

Topologi Extended Star merupakan perkembangan lanjutan dari topologi star, dimana karakteristiknya tidak jauh berbeda dengan topologi star, yaitu: 
  • Setiap node berkomunikasi langsung dengan sub node, sedangkan sub node berkomunikasi dengan central node, traffic data mengalir dari node ke sub node lalu diteruskan ke central node, dan kembali lagi.
  • Di gunakan pada jaringan yang besar dan membutuhkan penghubung yang banyak atau melabihi dari kapasitas maksimal penghubung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar